Star Wars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Star Wars
'Intertitle'/logo dari Star Wars, yang terdapat di semua filmnya
Diciptakan olehGeorge Lucas
Karya asliStar Wars Episode IV: A New Hope
Publikasi tercetak
NovelDaftar novel Star Wars
KomikStar Wars
Film dan televisi
Film
Seri televisi
Permainan
Permainan video

Berdasarkan seri:

Audio
Program radio

Star Wars (bahasa Indonesia: Perang Bintang) adalah sebuah seri film epik, fiksi ilmiah, opera antariksa Amerika Serikat yang disutradarai oleh George Lucas. Semenjak dirilisnya serial ini, film ini telah menjadi sebuah fenomena budaya dan menghasilkan banyak produksi film, buku, permainan video, serial televisi, dan banyak produk lainnya yang dipasarkan. Pelengkap-pelengkap dua trilogi film ini menciptakan perkembangan yang berarti terhadap dunia fiksi seri ini. Waralaba ini menggambarkan sebuah galaksi yang sangat, sangat jauh pada masa yang sangat lampau, dan juga pada umumnya menggambarkan Jedi sebagai gambaran kebajikan, yang bertentangan dengan Sith, yang merupakan gambaran kejahatan. Senjata mereka, lightsaber, terkenal di budaya populer. Dunia fiksi tersebut juga memiliki beragam tema, termasuk tema-tema yang dipengaruhi oleh bidang filsafat dan agama.

Film ini terdiri dari enam film yang dibagi menjadi dua trilogi: trilogi sekuel (trilogi asli) dan trilogi prekuel (trilogi baru). Film pertama dari seri ini dirilis pada 25 Mei 1977, dengan judul Star Wars Episode IV: A New Hope, oleh 20th Century Fox, dan menjadi peristiwa penting dalam budaya populer di seluruh dunia, diikuti oleh dua sekuel, yang dirilis masing-masing dalam selang waktu tiga tahun. Enam belas tahun setelah film terakhir dari trilogi asli dirilis, film pertama dari trilogi prekuel dirilis. Tiga film prekuel juga dirilis dengan selang waktu tiga tahun, yang mana film terakhir dari trilogi prekuel dirilis pada 19 Mei 2005. Pada Oktober 2012, The Walt Disney Company membeli Lucasfilm sebesar US$4.05 miliar dan mengumumkan bahwa perusahaan ini akan memproduksi tiga film baru, yang mana film pertama, Star Wars Episode VII, direncanakan untuk dirilis pada 2015.[1] 20th Century Fox masih memegang hak distribusi dua trilogi pertama Star Wars, memegang hak permanen akan film Episode IV: A New Hope, sementara memegang hak akan Episode I-III, V dan VI sampai Mei 2020.[2]

Tanggapan akan trilogi asli seri ini pada umumnya baik, dengan tanggapan positif film terakhir trilogi ini adalah yang paling rendah, sedangkan trilogi prekuel menerima reaksi yang beragam, dengan sebagian besar tanggapan positif ditujukan untuk film terakhir trilogi prekuel ini, berdasarkan pada sejumlah situs 'review aggregator'. Keenam film di seri ini dinominasikan atau memenangkan Academy Awards. Semua film juga meraih sukses di box office, dengan total pendapatan box office film-film Star Wars (termasuk teatrikal Star Wars: The Clone Wars mencapai US$4.48 miliar,[3] yang menjadikannya film seri dengan pendapatan kotor terbesar keempat, di bawah seri Harry Potter, James Bond, dan The Avengers.[4] Kesuksesan ini juga yang membuat seri-seri ini dirilis kembali di bioskop-bioskop.

Cerita tentang Star Wars ini berlokasi di luar angkasa dan menggunakan motif-motif cerita arketip yang biasa dijumpai baik dalam cerita fiksi ilmiah (science fiction) maupun mitologi klasik. Star Wars adalah sebuah contoh bagus "opera antariksa" dan merupakan sebuah subgenre fiksi ilmiah.

Latar[sunting | sunting sumber]

Peristiwa-peristiwa yang digambarkan di Star Wars terjadi di galaksi fiksi. Banyak spesies makhluk alien (biasanya dalam bentuk manusia) yang digambarkan di Star Wars. Robot-robot manusia menjadi hal yang lumrah, dan pada umumnya dibuat untuk melayani pemilik mereka. Perjalanan luar angkasa juga bisa ditemukan, dan banyak planet merupakan anggota dari Republik Galactic, yang kemudian dirombak menjadi Imperium Galactic.

Salah satu faktor penting dalam Star Wars adalah Force, energi yang berada di mana saja dan dapat dimanfaatkan yang memiliki kemampuan, yang disebut kepekaan-Force (Force-sensitives). Force digambarkan dalam film pertama sebagai "medan energi yang tercipta dari semua makhluk hidup [yang] mengelilingi kita, memasuki diri kita, [dan] menyatukan galaksi." Force memungkinkan penggunanya untuk melakukan hal-hal bersifat supernatural (seperti telekinesis, kewaskitaan, prekognisi, dan mind-control) dan dapat meningkatkan karakter fisik, seperti kecepatan dan refleks; kemampuan-kemampuan ini berbeda setiap tokoh dan dapat ditingkatkan melalui latihan. Kendati Force dapat digunakan untuk kebajikan, ia juga memiliki sisi gelap yaitu, bila dipacu, penggunanya akan dilingkupi oleh kebencian, agresi, dan kedengkian. Keenam film Star Wars mengisahkan Jedi, yang menggunakan Force untuk kebajikan, dan Sith yang menggunakan sisi gelap Force untuk menguasai galaksi.

Daftar film[sunting | sunting sumber]

Daftar di bawah ini merupakan daftar film Star Wars yang termasuk kanon utama.

Episode IV sampai VI pertama kali dirilis sekitar akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an. Konon menurut George Lucas hal ini dilaksanakan karena saat itu belum tersedia teknologi untuk menggambarkan kemegahan Republik, sehingga ia memutuskan untuk memulai dari episode IV. Sedangkan episode I sampai III dibuat pada sekitar tahun 2000-an karena teknologinya sudah tersedia.

Media lain[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 1976 sampai 2014, istilah Expanded Universe (EU, bahasa Indonesia: Semesta Diperluas) merupakan istilah untuk semua media Star Wars berlisensi resmi yang menceritakan cerita di luar yang diceritakan film bioskop, termasuk novel, komik, dan permainan video.[5] Lucasfilm menjaga kontinuitas antara konten film dan televisi dengan materi EU sampai 25 April 2014. Pada tanggal tersebut, Lucasfilm mengumumkan bahwa semua karya EU akan berhenti diproduksi dan karya-karya tersebut tidak lagi dianggap canon oleh waralaba Star Wars dan pencetakan ulang karya-karya EU akan diberi label Star Wars Legends,[5] dan hanya konten unduhan permainan daring multipemain masif The Old Republic-lah konten Legends yang masih diproduksi. Karya yang dianggap canon untuk saat itu hanya mencakup keenam film bioskop, film animasi The Clone Wars (2008), dan serial animasi penerusnya. Semua proyek dan pengembangan kreatif di semua tipe media berikutnya diawasi dan dikoordinasikan oleh kelompok cerita, sebuah divisi Lucasfilm yang diumumkan untuk menjaga kontinuitas dan visi cerita yang kohesif.[6]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Waralaba Star Wars telah menghasilkan lebih dari seratus[7] permainan komputer, video, dan papan, sejak masa awal konsol permainan video rumah. Permainan Star Wars telah melalui tiga era perkembangan yang ditandai oleh perubahan kepemimpinan pengembangnya: permainan berlisensi awal, permainan yang dikembangkan setelah LucasArts dibentuk, dan permainan yang dibentuk setelah penutupan divisi Lucasfilm oleh Disney dan perpindahan lisensi ke Electronic Arts.

Early licensed games (1979–1993)[sunting | sunting sumber]

Permainan elektronik berlisensi resmi Star Wars pertama adalah permainan papan tahun 1970 Star Wars Electronic Battle Command produksi Kenner.[8][9] Pada tahun 1982, Parker Brothers menerbitkan permainan video Star Wars pertama untuk Atari 2600, Star Wars: The Empire Strikes Back,[10] yang diikuti dengan Star Wars: Jedi Arena, permainan pertama yang menampilkan pertarungan lightsaber. Permainan berikutnya dirilis pada tahun 1983 oleh Atari, yaitu permainan arkade rail shooter Star Wars yang menggunakan gambar vektor untuk menirukan adegan parit Death Star dari film yang asli.[11] Permainan berikutnya, Star Wars: Return of the Jedi (1984), menggunakan gambar bitmap yang lebih tradisional,[12] sedangkan permainan berikutnya, Star Wars: The Empire Strikes Back (1985) menggunakan vektor.[13]

LucasArts dan permainan modern swaterbit (1993–2014)[sunting | sunting sumber]

Lucasfilm mendirikan perusahaan permainan videonya sendiri pada tahun 1982 dan dikenal sebagai pembuat permainan petualangan dan pertarungan udara Perang Dunia 2, tetapi setelah George Lucas mulai tertarik dengan pasar permainan video yang makin sukses, ia ingin memiliki kendali kreatif yang lebih besar pada permainannya dan mendirikan perusahaan pengembangannya sendiri, LucasArts. Grafik yang menjadi makin baik memungkinkan permainan video menceritakan cerita yang lebih rumit, sehingga film bisa diceritakan kembali dalam bentuk permainan dan kemudian cerita asli yang berada di kontinuitas yang sama dengan penyulihan suara dan adegan sisipan CGI. Pada tahun 1993, LucasArts menerbitkan Star Wars: X-Wing, permainan video Star Wars swaterbit pertama dan simulator penerbangan luar angkasa pertama yang didasarkan waralaba ini.[14] Permainan tersebut merupakan salah satu permainan video terlaris pada tahun 1993 dan menghasilkan seri permainannya sendiri.[14] Seri Rogue Squadron dirilis dari tahun 1998 sampai 2003 dan berfokus pada pertempuran luar angkasa juga.

Setelah Disney membeli Lucasfilm, LucasArts berhenti menjadi pengembang pada tahun 2013, tetapi perusahaan tersebut masih beroperasi sebagai pemberi lisensi.[15]

EA Star Wars (2014–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Setelah membeli Star Wars, Disney memberikan hak permainan videonya ke Electronic Arts. Permainan yang dibuat pada era ini dianggap sebagai bagian dari canon dan mendapat lebih banyak pengaruh dari para pembuat film Star Wars. Disney bekerja sama dengan Lenovo untuk membuat permainan realitas berimbuh Jedi Challenges yang dirilis pada November 2017.[16][17] Pada Agustus 2018, diumumkan bahwa Zynga akan menerbitkan permainan gawai genggam Star Wars yang gratis dimainkan.[18] Permainan Battlefront di-reboot dengan diterbitkannya Star Wars: Battlefront pada November 2015, yang diikuti dengan sekuelnya, Battlefront II, pada November 2017. Permainan aksi petualangan satu pemain, Star Wars Jedi: Fallen Order, dengan cerita dan tokoh-tokoh asli, dirilis pada November 2019.

Tema[sunting | sunting sumber]

Tema utama dalam Star Wars adalah sebuah perjuangan semesta yang bersifat abadi antara kebajikan dan kejahatan. Tema ini digambarkan sebagai sebuah keseimbangan antara mereka yang menggunakan kekuatan utama yang disebut "The Force" secara jahat atau baik.

Seri film ini berputar pada keluarga Skywalker yang telah diramal akan mengembalikan keseimbangan pada "The Force". Akhirnya keseimbangan ini dilakukan oleh Luke Skywalker, anak Anakin Skywalker dan Padme Amidala.

Pemeran dan Kru[sunting | sunting sumber]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Karakter Pemeran di film
A New Hope The Empire Strikes Back Return of the Jedi The Phantom Menace Attack of the Clones Revenge of the Sith The Force Awakens The Last Jedi The Rise of Skywalker
Darth Vader / Anakin Skywalker David Prowse
James Earl Jones (hanya suara)
Vader: David Prowse
James Earl Jones (hanya suara)
Anakin: Sebastian Shaw
Hayden Christensen (2004 DVD rilis)
Jake Lloyd Hayden Christensen Anakin: Hayden Christensen
Vader: James Earl Jones (hanya suara)
Helmnya Rusak / disebutkan saja
Obi-Wan Kenobi Alec Guinness Ewan McGregor Ewan McGregor (Suara)
R2-D2 Kenny Baker
C-3PO Anthony Daniels
Yoda Frank Oz (suara dan boneka) Frank Oz (suara dan boneka)
Frank Oz (hanya suara; 2011 3-D rilis ulang)
Frank Oz (hanya suara)
Palpatine / Darth Sidious disebutkan saja Elaine Baker
Clive Revill (hanya suara)[19]
Ian McDiarmid
(2004 DVD rilis)
Ian McDiarmid
Leia Organa Carrie Fisher Aidan Barton Carrie Fisher
Luke Skywalker Mark Hamill Aidan Barton Mark Hamill
Owen Lars Phil Brown Joel Edgerton
Beru Shelagh Fraser Bonnie Piesse
Grand Moff Tarkin Peter Cushing Wayne Pygram
Chewbacca Peter Mayhew Peter Mayhew Joonas Suotamo
Han Solo Harrison Ford Harrison Ford
Greedo Paul Blake
Maria De Aragon (close-up shots)
Larry Ward (hanya suara)
Jabba the Hutt Tidak diketahui (hanya suara; Edisi Spesial) disebutkan saja Larry Ward (hanya suara) Tidak diketahui (hanya suara)
Boba Fett cameo; Edisi Spesial Jeremy Bulloch
Jason Wingreen (hanya suara)
Temuera Morrison (hanya suara; 2004 DVD rilis)
Daniel Logan
Wedge Antilles Denis Lawson
Admiral Piett Kenneth Colley
Lando Calrissian Billy Dee Williams Billy Dee Williams
Bib Fortuna Michael Carter
Erik Bauersfeld (hanya suara)
Matthew Wood
Admiral Ackbar Timothy M. Rose
Erik Bauersfeld (hanya suara)
Wicket Warwick Davis
Qui-Gon Jinn Liam Neeson Liam Neeson (hanya suara) disebutkan saja Liam Neeson (suara)
Nute Gunray Silas Carson
Padmé Amidala Natalie Portman
Captain Panaka Hugh Quarshie
Sio Bibble Oliver Ford Davies
Jar Jar Binks Ahmed Best (hanya suara)
Boss Nass Brian Blessed (hanya suara) cameo
Sabé Keira Knightley
Darth Maul Ray Park
Peter Serafinowicz (hanya suara)
Watto Andy Secombe (hanya suara)
Sebulba Lewis MacLeod (hanya suara)
Shmi Skywalker Pernilla August
Chancellor Valorum Terence Stamp
Mace Windu Samuel L. Jackson
Ki-Adi-Mundi Silas Carson
Captain Typho Jay Laga'aia
Bail Organa Jimmy Smits
Zam Wesell Leeanna Walsman
Jango Fett Temuera Morrison
Dexter Jettster Ronald Falk (hanya suara)
Cliegg Lars Jack Thompson
Count Dooku / Darth Tyranus Christopher Lee
General Grievous Matthew Wood (hanya suara)
Poe Dameron Oscar Isaac
Finn John Boyega
Rey Daisy Ridley
BB8
Kylo Ren Adam Driver
Supreme Leader Snoke Andy Serkins (Suara dan Bayangan saja)
Maz Kanata Lupita Nyong'o
Captain Phasma Gwendoline Christie
General Hux Domhnall Gleeson

Kru dan lain-lain[sunting | sunting sumber]

Kru/Detail Film
Star Wars Episode IV:
A New Hope
Star Wars Episode V:
The Empire Strikes Back
Star Wars Episode VI:
Return of the Jedi
Star Wars Episode I:
The Phantom Menace
Star Wars Episode II:
Attack of the Clones
Star Wars Episode III:
Revenge of the Sith
Star Wars:
The Clone Wars
Star Wars Episode VII: The Force Awakens Rogue One: A Star Wars Story Star Wars Episode VIII: The Last Jedi Untitled Anthology:
Han Solo
IX
Sutradara George Lucas Irvin Kershner Richard Marquand George Lucas Dave Filoni J. J. Abrams Gareth Edwards Rian Johnson Phil Lord
Christopher Miller
Colin Trevorrow
Produser Gary Kurtz
Rick McCallum (Edisi Spesial 1997)
Howard Kazanjian
Rick McCallum (Edisi Spesial 1997)
Rick McCallum Catherine Winder Kathleen Kennedy
J. J. Abrams
Bryan Burk
Kathleen Kennedy
Tony To
Kathleen Kennedy
Ram Bergman
Kathleen Kennedy
Will Allegra (co-producer)
Produser
eksekutif
George Lucas Jason McGatlin
Tommy Harper
Jason McGatlin
Simon Emmanuel
Lawrence Kasdan
Jason McGatlin
Editor Paul Hirsch
Richard Chew
Marcia Lucas
George Lucas (tidak dikredit)
T. M. Christopher (Edisi Spesial 1997)
Paul Hirsch
Marcia Lucas (tidak dikredit)
George Lucas (tidak dikredit)
T. M. Christopher (Edisi Spesial 1997)
Sean Barton
Marcia Lucas
Duwayne Dunham
George Lucas (tidak dikredit)
T. M. Christopher (Edisi Spesial 1997)
Ben Burtt
Paul Martin Smith
Ben Burtt
George Lucas (tidak dikredit)
Roger Barton
Ben Burtt
Jason Tucker Maryann Brandon
Mary Jo Markey
Sutradara
Fotografi
Gilbert Taylor Peter Suschitzky Alan Hume David Tattersall Daniel Mindel Greig Fraser Steve Yedlin
Musik John Williams Kevin Kiner
Tema:
John Williams
John Williams Alexandre Desplat
Tema:
John Williams
Penulis George Lucas Screenplay:
Leigh Brackett
Lawrence Kasdan
Cerita:
George Lucas
Screenplay:
Lawrence Kasdan
George Lucas
Cerita:
George Lucas
George Lucas Screenplay:
George Lucas
Jonathan Hales
Cerita by:
George Lucas
George Lucas Henry Gilroy
Steven Melching
Scott Murphy
Lawrence Kasdan
J. J. Abrams
Cerita:
George Lucas
Michael Arndt
John Knoll
(Ide Orsinil)
Gary Whitta
(Cerita)
Chris Weitz
(Screenplay)
Rian Johnson Lawrence Kasdan
Jon Kasdan
Cerita:
Rian Johnson
Distributor 20th Century Fox Warner Bros. Walt Disney Studios Motion Pictures
Rating MPAA PG PG-13 PG
Waktu penayangan 124 menit 127 menit 134 menit 136 menit 142 menit 140 menit 98 menit

Pendapatan box office[sunting | sunting sumber]

Film Tanggal rilis Pendapatan box office Peringkat box office
Amerika Serikat Non-AS Sedunia Disesuaikan dengan
inflasi (AS)[a]
Sepanjang waktu di AS Sepanjang waktu di dunia
Star Wars Episode IV: A New Hope[21] 25 Mei 1977 $460,998,007 $314,400,000 $775,398,007 $1.392.140.194 #6 #46
Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back[22] 21 Mei 1980 $290,475,067 $247,900,000 $538,375,067 $795.362.072 #56 #107
Star Wars Episode VI: Return of the Jedi[23] 25 Mei 1983 $309,306,177 $165,800,000 $475,106,177 $766.626.410 #40 #130
Total trilogi awal Star Wars $1,060,779,251 $728,100,000 $1,788,879,251 $2.954.128.676
Star Wars Episode I: The Phantom Menace[24] 19 Mei 1999 $474,544,677 $552,500,000 $1,027,044,677 $740.159.422 #5 #14
Star Wars Episode II: Attack of the Clones[25] 16 Mei 2002 $310,676,740 $338,721,588 $649,398,328 $439.245.118 #38 #69
Star Wars Episode III: Revenge of the Sith[26] 19 Mei 2005 $380,270,577 $468,484,191 $848,754,768 $487.827.087 #20 #34
Total trilogi prekuel Star Wars $1,165,491,994 $1,359,705,779 $2,525,197,773 $1.667.231.627
Star Wars: The Clone Wars[27] 15 Agustus 2008 $35,161,554 $33,121,290 $68,282,844 $40.916.745 #1,942
Star Wars: The Rise of Skywalker
Total seluruh film Star Wars $2,261,432,799 $2,120,927,069 $4,382,359,868 $4.662.277.048

Reaksi kritikal[sunting | sunting sumber]

Film Rotten Tomatoes Metacritic
Star Wars Episode IV: A New Hope 93% (71 ulasan)[28] 91 (13 ulasan)[29]
Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back 96% (78 ulasan)[30] 78 (15 ulasan)[31]
Star Wars Episode VI: Return of the Jedi 78% (69 ulasan)[32] 52 (14 ulasan)[33]
Star Wars Episode I: The Phantom Menace 57% (191 ulasan)[34] 51 (36 ulasan)[35]
Star Wars Episode II: Attack of the Clones 67% (219 ulasan)[36] 53 (39 ulasan)[37]
Star Wars Episode III: Revenge of the Sith 80% (253 ulasan)[38] 68 (40 ulasan)[39]
Star Wars: The Clone Wars 18% (153 ulasan)[40] 35 (30 ulasan)[41]
Star Wars: The Rise of Skywalker

Academy Awards[sunting | sunting sumber]

Keenam film bila digabungkan telah dinominasikan untuk 25 Academy Award, dan menang sepuluh kali. Tiga merupakan Special Achievement Awards.

Penghargaan Penghargaan dimenangkan
A New Hope The Empire Strikes Back Return of the Jedi The Phantom Menace Attack of the Clones Revenge of the Sith
Actor in a Supporting Role Nominasi
(Alec Guinness)
Art Direction-Set Decoration Menang Nominasi Nominasi
Costume Design Menang
Director Nominasi
(George Lucas)
Film Editing Menang
Makeup Nominasi
Music (Original Score) Menang Nominasi Nominasi
Picture Nominasi
Screenplay – Original Nominasi
Sound Editing Nominasi Nominasi
Sound (Mixing) Menang Menang Nominasi Nominasi
Visual Effects Menang Nominasi Nominasi
Special Achievement Award Menang
(Alien, Creature and Robot Voices)
Menang
(Visual Effects)
Menang
(Visual Effects)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Penyesuaian dengan inflasi rumit karena empat film pertama memiliki beberapa perilisan pada tahun yang berbeda, jadi pendapatannya tidak bisa disesuaikan dengan tahun rilis pertama. Penyesuaian inflasi untuk 2005 bisa ditemukan di Block, Alex Ben; Wilson, Lucy Autrey, ed. (2010). George Lucas's Blockbusting: A Decade-By-Decade Survey of Timeless Movies Including Untold Secrets of Their Financial and Cultural Success. HarperCollins. hlm. 519. ISBN 978-0061778896.  Penyesuaian ke dolar konstan dilakukan bersama dengan United States Consumer Price Index disediakan oleh Federal Reserve Bank of Minneapolis, menggunakan 2005 sebagai tahun dasar.[20]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-03. Diakses tanggal 2013-09-24. 
  2. ^ http://www.hollywoodreporter.com/news/tangled-rights-could-tie-up-384541
  3. ^ http://www.the-numbers.com/movies/series/StarWars.php
  4. ^ http://www.the-numbers.com/movies/series/franchisesW.php
  5. ^ a b Benjamin W.L. Derhy Kurtz; Bourdaa, Mélanie (2016). The Rise of Transtexts: Challenges and Opportunities. Taylor & Francis. hlm. 23. ISBN 978-1-317-37105-2. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 19, 2020. Diakses tanggal March 14, 2018. 
  6. ^ "The Legendary Star Wars Expanded Universe Turns a New Page". StarWars.com. April 25, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 10, 2016. Diakses tanggal May 26, 2016. 
  7. ^ "Star Wars Infographic: 40 Years in Gaming". www.igdb.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2017. Diakses tanggal December 12, 2017. 
  8. ^ "Kenner Star Wars Battle Command". Handheldmuseum.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 23, 2018. Diakses tanggal March 15, 2017. 
  9. ^ Coopee, Todd. "Star Wars Electronic Battle Command Game". ToyTales.ca. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 13, 2017. Diakses tanggal March 15, 2017. 
  10. ^ Bogost, Ian; Montfort, Nick (2009). Racing the Beam: The Atari Video Computer System. The MIT Press. ISBN 978-0-262-01257-7. 
  11. ^ "A Brief History of Star War Games, Part 1 (Slide 1–6)". Tom's Hardware. May 20, 2007. Diakses tanggal March 3, 2017. 
  12. ^ "Star Wars: Return of the Jedi". MobyGames. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 16, 2017. Diakses tanggal March 15, 2017. 
  13. ^ "The making of The Empire Strikes Back". Retro Gamer. No. 70. November 2009. hlm. 82–83. 
  14. ^ a b "LucasArts Entertainment Company: 20th Anniversary (Part Two: The Classics, 1990–1994)". LucasArts. June 23, 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 23, 2006. Diakses tanggal March 15, 2017. 
  15. ^ Terdiman, Daniel. "Disney shuttering LucasArts, moving to licensed games model". CNET (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 30, 2019. Diakses tanggal August 30, 2019. 
  16. ^ Kharpal, Arjun (August 31, 2017). "Lenovo, Disney launch 'Star Wars' Jedi augmented reality game that lets you use a Lightsaber". CNBC. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 28, 2018. Diakses tanggal September 27, 2018. 
  17. ^ "How Jedi Challenges Brings Star Wars to Life at Home". StarWars.com. November 3, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 27, 2018. Diakses tanggal September 27, 2018. 
  18. ^ "Zynga Partners With Disney For New 'Star Wars' Games". Variety. August 21, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 3, 2018. Diakses tanggal September 2, 2018. 
  19. ^ IMDB entry for Clive Revill
  20. ^ 1634–1699: McCusker, J. J. (1997). How Much Is That in Real Money? A Historical Price Index for Use as a Deflator of Money Values in the Economy of the United States: Addenda et Corrigenda (PDF). American Antiquarian Society.  1700–1799: McCusker, J. J. (1992). How Much Is That in Real Money? A Historical Price Index for Use as a Deflator of Money Values in the Economy of the United States (PDF). American Antiquarian Society.  1800–present: Federal Reserve Bank of Minneapolis. "Consumer Price Index (estimate) 1800–". Diakses tanggal 28 Mei 2023. 
  21. ^ "Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 21, 2008. 
  22. ^ "Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 21, 2012. 
  23. ^ "Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi (1983)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 21, 2012. 
  24. ^ "Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 21, 2012. 
  25. ^ "Star Wars Episode II: Attack of the Clones (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 21, 2012. 
  26. ^ "Star Wars: Episode III: Revenge of the Sith (2005)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 21, 2012. 
  27. ^ "Star Wars: The Clone Wars (film)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 21, 2012. 
  28. ^ "Star Wars". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal August 28, 2012. 
  29. ^ "Star Wars: Reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 11, 2008. 
  30. ^ "Empire Strikes Back". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal August 28, 2012. 
  31. ^ "The Empire Strikes Back". Metacritic. Diakses tanggal June 25, 2008. 
  32. ^ "Return of the Jedi". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal August 28, 2012. 
  33. ^ "Return of the Jedi". Metacritic. Diakses tanggal June 25, 2008. 
  34. ^ "Star Wars Episode I: The Phantom Menace". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal August 28, 2012. 
  35. ^ "Star Wars: Episode I – The Phantom Menace : Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 25, 2008. 
  36. ^ "Star Wars Episode II: Attack of the Clones". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal August 28, 2012. 
  37. ^ "Star Wars: Episode II – Attack of the Clones: Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 23, 2007. 
  38. ^ "Star Wars Episode III: Revenge of the Sith". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal August 28, 2012. 
  39. ^ "Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith: Reviews". Metacritic. Diakses tanggal June 25, 2008. 
  40. ^ "Star Wars: The Clone Wars". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal August 28, 2012. 
  41. ^ "Star Wars: The Clone Wars". Metacritic. Diakses tanggal August 31, 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]