Bocah Ngapa(k) Ya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bocah Ngapa(k) Ya
ꦧꦺꦴꦕꦃꦔꦥ(ꦏ꧀)ꦪ
GenreKomedi situasi Acara realitas
Berdasarkanfilm pendek Kebumen Polapike[1]
Ditulis olehRendra Polapike
Agit Romon
SutradaraRendra Polapike
Pengarah kreatifAstari Fauzia Anwar
Pemeran
  • Ahmad Azkal Fuadi
  • Fadli Dwi Ramadan
  • Ilham Dwi Ramadan
  • Rendra Polapike
Negara asalIndonesia
Bahasa asliJawa Ngapak Bahasa Indonesia
Jmlh. episode48 (hingga 23 Agustus 2019 (2019-08-23))
Produksi
Lokasi produksiSadangwetan, Sadang, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia
Pengaturan kameraMultikamera
Durasi15 hingga 30 menit (termasuk iklan)
DistributorTrans Media
Rilis asli
JaringanTrans7
Format gambar16:9 HDTV
Rilis16 Februari 2019 (2019-02-16) –
sekarang

Bocah Ngapa(k) Ya (Hanacaraka: ꦧꦺꦴꦕꦃꦔꦥ(ꦏ꧀)ꦪ) adalah sebuah acara televisi Indonesia bergenre komedi situasi. Acara realitas ini ditayangkan oleh stasiun televisi Trans7 sejak 16 Februari 2019.[2] Acara ini merupakan pengembangan dari film pendek YouTube Polapike yang menjadi perbincangan masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya pada akhir tahun 2018.[3] Acara ini dibintangi oleh tiga anak-anak asli Desa Sadangwetan, Sadang, Kebumen; yakni Ahmad Azkal Fuadi, Fadli Dwi Ramadan, dan Ilham Dwi Ramadan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Rendra Polapike adalah orang yang melatarbelakangi pembuatan film pendek Polapike sebelum karyanya dijadikan acara televisi. Pria yang bernama asli Yan Rendra Pratiwi ini adalah orang yang cukup lama membintangi acara televisi, di antaranya terlibat dalam grup lawak Arti Sebuah Nama (ASN) pada ajang Comedy Academy Indonesia, dan juga membintangi sinetron seperti OK-JEK dan Tetangga Tapi Mantan.[1] Ia yang pulang kembali ke kampung halamannya di Sadang, Kebumen, berinisiatif untuk membuat film pendek lawak dengan menggandeng anak-anak Desa Sadangwetan. Dalam perjalanan pembuatan filmnya, ia sempat kesulitan untuk mengunggah filmnya ke YouTube karena keterbatasan akses internet di desanya, kecuali di balai desa sebab terdapat akses internet di sana. Pada akhir tahun 2018, Rendra pun menemukan tiga anak-anak yang akhirnya menjadi pemeran di video Polapike saat ini, yaitu Azkal, Fadli, dan Ilham.[4] Video sketsa komedi berbahasa Jawa Ngapak yang diperankan oleh ketiga anak tersebut menjadi perbincangan masyarakat di dunia maya.[5] Format film pendek inipun akhirnya dilirik oleh televisi swasta Trans7. Film yang dibuat Rendra pun akhirnya tayang sebagai program tersendiri dengan judul Bocah Ngapa(k) Ya sejak Februari 2019, dengan pemain yang masih sama dengan film pendek yang ia publikasikan di laman YouTube tersebut.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Dibalik Sukses Film Polapike, Syuting Gunakan Kamera HP Hingga Viral dan Dikontrak Trans 7". ini kebumen | Media Rujukan Kebumen. Diakses tanggal 2019-03-22. 
  2. ^ Indonesia, Femina. "Hadirkan Program Baru, Trans7 Gandeng Para Youtuber, Selebgram, dan Komika". www.femina.co.id (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 2019-03-22. 
  3. ^ "Rendra Polapike". YouTube. Diakses tanggal 2019-03-22. 
  4. ^ developer, mediaindonesia com (2018-11-05). "Kisah di Balik Polapike, Film Pendek Ngapak Kebumen yang Sedang Viral". mediaindonesia.com. Diakses tanggal 2019-03-22. 
  5. ^ Assegaf, Jafar Sodiq. "Begini Awal Mula Viral Bocah Ngapak di Youtube". Solopos.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-22. Diakses tanggal 2019-03-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]