The Fairly OddParents

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Fairly OddParents
Logo resmi The Fairly OddParents
Nama alternatifFairly Odd Parents
Genreanimasi, Komedi, petualangan, fantasi
PembuatButch Hartman
Pengisi suaraTara Strong
Daran Norris
Susanne Blakeslee
Grey DeLisle
Lagu pembuka"The Fairly OddParents" oleh Butch Hartman dan Ron Jones
Lagu penutup"The Fairly OddParents" (instrumental)
Negara asalAmerika Serikat
Kanada
Jmlh. musim10
Jmlh. episode10 (pendek) (tayang)
283 1/2 (penuh) (tayang)
172 1/2 (total) (tayang) (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifButch Hartman
Fred Seibert
Scott Fellows
(season 6)
ProduserBob Boyle (2002–2005)
Steve Marmel (2002–2006)
Randy Saba
Ray DeLaurentis (2013–2017)
Karen Malach (2017)
Durasi11 menit (utama)
23 menit (umum)
44 minutes (Untuk Film Televisi)
72 menit (Untuk Episode Abra-Catastrophe dan Episode Channel Chasers)
135 menit (Untuk Episode Wishology)
Rumah produksiFrederator Studios
Nickelodeon Animation Studio
Billionfold Inc. (Musim 6 hingga Musim 10)
DistributorNickelodeon
Nelvana International (Musim 1 hingga Musim 5, untuk negara selain Amerika Serikat)[1]
Rilis asli
JaringanNickelodeon (2001–2017)
Nicktoons (2017)
Format gambarNTSC (2001–2012)
HDTV 1080i (2013–2017)
Format audioStereo, Dual Audio Mandarin (Hanya di Asia)
Rilis30 Maret 2001 (2001-03-30) –
26 Juli 2017 (2017-7-26)
Acara terkait
Danny Phantom
T.U.F.F. Puppy
Bunsen Is a Beast

The Fairly OddParents (disingkat FOP; atau yang lebih dikenal sebagai Fairly Odd Parents) adalah sebuah serial animasi yang sangat populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun animasi ini ditayangkan pada tahun 2001 dan diciptakan oleh Butch Hartman, kemudian diterbitkan oleh perusahaannya, Frederator Studios dan pada tahun 2008 ditambah oleh Billionfold, Inc. Awalnya kartun ini sempat berhenti tayang pada tahun 2006, namun karena popularitas kartun ini semakin meningkat, produksi dilanjutkan pada tahun 2008, namun akhirnya berhenti lagi pada tahun 2017 sebelum Butch Hartman putus kontrak dengan Nickelodeon (mengundurkan diri dari Nickelodeon) pada tahun 2018.

The Fairly OddParents adalah serial animasi pertama Butch Hartman untuk Nickelodeon, sebelum Danny Phantom (2004-2007), T.U.F.F. Puppy (2010-2015) dan Bunsen Is a Beast (2017-2018). Kartun ini memiliki 10 musim dengan 172 episode dan berjalan selama 16 tahun (2001-2017) dan kartun ini adalah animasi Nickelodeon terpanjang kedua.

Tokoh-tokoh[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Tokoh Sampingan[sunting | sunting sumber]

Tokoh peri (fairies)[sunting | sunting sumber]

  • Jorgen Von Strangle - Pemimpin para fairies
  • Pixies diantaranya Head Pixies (pemimpin) dan Sanderson
  • Anti-Peri (Anti-fairies) (para peri jahat) diantaranya adalah Anti Cosmo dan Anti Wanda
  • Binky Abdul
  • The Tooth Fairies - Peri Gigi
  • Norm the Genie
  • Cupid- Peri Cinta
  • Juandissimo Magnifico - Peri Remy Buxaplenty
  • Mama Cosma - Ibu Cosmo
  • Big Daddy - Ayah Wanda
  • Schnozmo Cosma - Kakak tiri Cosmo
  • Dr. Rip Studwell - Dokter peri

Tokoh pahlawan fiksi & musuhnya[sunting | sunting sumber]

Artis[sunting | sunting sumber]

Lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Bucky McBadbat - Ayah Chester McBadbat
  • The Dinkelbergs - tetangga The Turners (musuh)
  • Mrs. Crocker - Ibunda Denzel Crocker
  • Orang tua Vicky dan Tootie
  • Doidle - Anjing keluarga Vicky
  • Possum - Possum keluarga Chester
  • Grandpa Vlad dan Grandma Gladys Vladislavpov - Kakek-nenek Timmy

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita ini ditayangkan di kota fiksi yaitu Dimmsdale, yang biasanya ditunjukkan berada di California utara (namun begitu di "Fairy Idol", ia telah ditunjukkan bahwa Dimmsdale ditempatkan di California Selatan) tetapi juga mencerminkan tempat tinggal Butch Hartman di Michigan. Ia juga patut diambil tahu bahwa ada setengah episode yang telah mempunyai pengembaraan ke masa silam ke kedua "Wild West" dan "Colonial" (Timur Dimmsdale). Ia mengikuti kehidupan harian oleh seorang anak 10 tahun yaitu Timmy Turner. Timmy adalah seorang anak 10 tahun yang tumbuh dan besar di keluarga kompak. Awalnya Timmy hidup bahagia bersama Tuan dan Nyonya Turner yang merupakan orang tuanya. Sampai kemudian muncul kehadiran Vicky yang dianggap sebagai pengasuh terdekat oleh keluarga Timmy.

Timmy sangat tidak menyangka Vicky yang selama ini dikiranya baik, sebenarnya sangatlah jahat. Ia sangat terobsesi dengan kebahagiaan yang dimiliki keluarga Timmy, hingga suatu saat dengan kejamnya ia membatasi aktivitas-aktivitas Timmy dan berpura-pura baik di depan Tuan dan Nyonya Turner, sehingga Tuan dan Nyonya Turner meminta Vicky untuk bekerja di rumahnya untuk menjaga dan mengasuh Timmy.

Semenjak Vicky bekerja di rumah Timmy, ia selalu membawa penderitaan bagi Timmy. Di depan Tuan dan Nyonya Turner, ia berpura-pura menjadi pengasuh yang sangat baik hati dan penyayang. Saat Tuan dan Nyonya Turner pergi, Vicky selalu menyiksa Timmy hingga kadang di luar batas kemanusiaan.

Tak hanya di rumah, di sekolah juga Timmy kerap disiksa oleh banyak orang di sekitarnya. Selain Timmy disiksa di sekolah, Timmy juga dijadikan mangsa oleh makhluk variasi yang mempunyai kuasa sihir: Mama Cosmo (Ibu Cosmo), Jorgen Von Strangle, Norm the Genie, dan Pixies. Lebih malang lagi, seorang teman penjaga sekolah Timmy bernama Francis yang dianggap Timmy sebagai teman penjaga sekolah paling perhatian ternyata adalah musuh yang ingin menghancurkan Timmy demi kebahagiaan saja. Dan juga seorang guru gila Timmy yang bernama Tn. Crocker yang dianggap Timmy sebagai guru gila paling perhatian ternyata adalah musuh yang suka memberikan nilai F pada semua tugas kelas Timmy demi mempunyai obsesi dengan peri-peri saja.

Beruntung ada sepasang orang tua peri yang selalu siap membantu Timmy. Mereka adalah Cosmo dan Wanda yang sejak awal diam-diam memperhatikan kebusukan Tn. Crocker, Vicky dan Francis terhadap Timmy, itulah yang mendorong Cosmo dan Wanda untuk menolong Timmy. Walau bagaimanapun, Cosmo merupakan seorang yang bodoh dan dungu, dan mereka berdua selalu mempunyai ide berbahaya; walaupun mempunyai makna, kehendaknya selalu akan bersalah. Wanda, yaitu istri Cosmo yang lebih memahaminya mesti menguntukkan masanya kepada Timmy dan Cosmo untuk menjaga keselamatan mereka.

Suatu hari, Tuan dan Nyonya Turner akhirnya mengetahui tindakan Vicky yang di luar batas kemanusiaan itu terhadap Timmy. Tuan dan Nyonya Turner sangat marah kepada pengasuh itu. Dalam keadaan Timmy yang akan disiksa oleh Vicky, Tuan dan Nyonya Turner yang berlari untuk membantu Timmy malah sibuk akan pekerjaan mereka. Tuan dan Nyonya Turner lalu mengalami kesibukan dalam pekerjaan mereka dan tidak dapat memperhatikan Timmy lagi. Dan Timmy mempunyai dua orang teman yang mempunyai niat baik dan bisa menolongnya dari kejahatan Vicky, Chester dan AJ.

Lalu apakah yang akan terjadi selanjutnya kepada Timmy? Akankah penderitaan Timmy bisa berakhir? Lalu bagaimana Timmy bisa lepas dari siksaan Vicky? Dan satu pertanyaan lagi, akankah rahasia Vicky, Tuan Crocker (Denzel Crocker) dan Francis akan terbongkar juga oleh Timmy? Apakah Timmy, Cosmo dan Wanda akan bersatu?

"Fairy OddParents (Orang-tua peri) ini selalu mengambil berat tentang kewujudan mereka dan selalu menyamarkan diri mereka sebagai berbagai hewan, tumbuhan atau benda di tempat ramai, selalu dengan warna khas mereka untuk mengenali mereka berdua: Cosmo selalu berwarna hijau muda, dan Wanda selalu berwarna merah jambu muda. Kecuali jika mereka menjadi ikan; hanya mata mereka saja yang tetap sama. Selain dari Timmy, tiada orang yang memiliki kejanggalan bahwa burung hijau dan merah jambu yang dapat berbicara, ataupun bantal yang berwajah. Jika Timmy memberitahukan keberadaan Cosmo dan Wanda (orangtua peri) kepada orang lain atau keberadaan Cosmo dan Wanda (orangtua peri) diketahui oleh orang lain, maka Timmy akan kehilangan Cosmo dan Wanda untuk selama-lamanya (Cosmo dan Wanda tidak boleh menjadi orang tua asuh Timmy lagi).

Kebanyakan episode berakhir dengan "deus ex machina" karena Timmy mempunyai peri-peri yang dapat memenuhi kehendaknya. Banyak episode berakhir dengan Timmy menjerit "Saya ingin semua ini kembali seperti asalnya!".

Secara rata, setiap episode mempunyai dua kartun (setiapnya sekurang-kurangnya mempunyai waktu 11 menit ). Ada juga episode yang hanya mempunyai satu kartun (waktu 22 menit).

Sekolah "Elementary" Dimmsdale merupakan sekolah yang dihadiri oleh kebanyakan tokoh kanak-kanak. Sekolah-sekolah lain yang pernah ditunjukkan adalah Sekolah "Elementary" Snerd dan Akademi FUN.

Sejarah Produksi[sunting | sunting sumber]

Penayangan Asli (2001 - 2006)[sunting | sunting sumber]

Setelah pemutaran perdana, The Fairly OddParents langsung populer dan dengan cepat menjadi program anak-anak dengan peringkat kedua tertinggi di antara anak-anak usia 2-11 di jaringan dan televisi kabel milik Nickelodeon sendiri.[2][3] The series managed to briefly steal SpongeBob's spot as the number one highest rated children's television program in mid-2003.[2][3] The Fairly OddParents juga menarik khalayak luas, menarik bagi anak-anak serta remaja dan orang dewasa, dengan 14,2 juta anak-anak 2-11 menonton setiap minggu, 10,8 juta pemirsa dewasa per minggu dan merupakan serial nomor satu di televisi di antara tween penonton (9-14) [3][4].

Pada 24 Januari 2006, Hartman mengumumkan di forumnya bahwa Nickelodeon telah menghentikan produksi pertunjukan. " The Jimmy Timmy Power Hour 3: The Jerkinators" adalah final musim kelima dalam urutan produksi dan dimaksudkan untuk menjadi seri final, ditayangkan pada 21 Juli 2006. Namun, Nickelodeon menyiarkan episode "Timmy the Barbarian/No Substitute for Crazy" setelah "The Jerkinators" sebagai episode terakhir musim kelima dalam urutan penayangan, pada tanggal 25 November tahun itu.

Penayangan Ulang (2007 - 2012)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 2 Februari 2007, Hartman mengumumkan di forumnya bahwa Nick memberikan The Fairly OddParents dua puluh slot episode lagi, memastikan acara tersebut melanjutkan produksi. Kemudian pada 7 Juli 2007, sebuah spesial berjudul 77 Secrets of the Fairly OddParents Revealed mengisyaratkan bahwa karakter baru akan bergabung dengan seri [5].

Setelah jeda satu tahun, Nickelodeon mengumumkan bahwa mereka akan memulai musim keenam, yang akan terdiri dari dua belas episode bersamaan dengan penayangan film televisi berjudul Fairly OddBaby, yang memperkenalkan karakter baru, peri bayi bernama Poof, kepada pemeran utama dari karakter ini [6]. Sebuah hit besar, Fairly OddBaby ditayangkan pada 18 Februari 2008, dan mengumpulkan 8,89 juta pemirsa untuk pemutaran perdana; siaran ulang film tersebut pada hari berikutnya mengumpulkan 4,82 juta pemirsa, menjadikannya siaran kabel nomor satu dan kesembilan yang paling banyak ditonton berturut-turut untuk minggu 18-24 Februari 2008 [7].

Film Aksi Langsung dan Akhir Seri (2011 - 2017)[sunting | sunting sumber]

Untuk menghormati ulang tahun kesepuluh The Fairly OddParents, sebuah film televisi live-action berjudul A Fairly Odd Movie: Grow Up, Timmy Turner! tayang perdana pada 9 Juli 2011 [8]. Film ini berlatar 13 tahun setelah serial animasi dan dibintangi oleh Drake Bell sebagai Timmy Turner yang berusia 23 tahun, yang berusaha sekuat tenaga untuk tidak tumbuh dewasa demi mencegah kehilangan wali baptis perinya, dan Daniella Monet sebagai Tootie, yang telah tumbuh menjadi aktivis dewasa dan cantik yang membuat Timmy jatuh cinta [9]. Penayangan perdana film tersebut menarik 5,8 juta pemirsa dan merupakan siaran televisi berperingkat teratas di jaringan kabel untuk minggu 10–16 Juli 2011, dan diperingkatkan sebagai "Film TV Asli Teratas 2011 di Kabel Dasar dengan Anak-Anak dan Jumlah Pemirsa" [10].

Kesuksesan A Fairly Odd Movie: Grow Up, Timmy Turner! menelurkan dua sekuel: A Fairly Odd Christmas dan A Fairly Odd Summer, yang tayang perdana pada 29 November 2012 [11] dan 2 Agustus 2014 [12]. Drake Bell dan Daniella Monet mengulangi peran mereka masing-masing di kedua sekuel [12][13].

Musim kesembilan The Fairly OddParents dimulai dengan tayangan spesial televisi berjudul Fairly OddPet, yang tayang perdana pada 23 Maret 2013, dan menarik 3,8 juta penonton [14]. Prjalanan resmi musim kesembilan dimulai pada 4 Mei 2013 [15]. Musim sembilan memperkenalkan karakter baru, anjing peri peliharaan Timmy, Sparky, kepada pemeran utama acara. Musim sembilan berisi dua puluh enam episode, menjadikannya musim terpanjang dalam seri. Ini juga merupakan musim pertama yang diformat dalam definisi tinggi dan layar lebar.

Musim kesepuluh dari The Fairly OddParents dimulai dengan episode spesial yang disebut The Big Fairy Share Scare!, yang memperkenalkan karakter utama baru lainnya bernama Chloe Carmichael, tetangga Timmy yang terpaksa dia ajak berbagi dengan Cosmo dan Wanda karena kekurangan peri[16] yang menggantikan Sparky setalah mendapatkan kritik pedas. Musim kesepuluh ditayangkan dari 15 Januari 2016, hingga 26 Juli 2017, di Nickelodeon dan Nicktoons. Visual dan lirik untuk lagu tema diubah untuk musim sepuluh untuk memasukkan Chloe; namun tetap memiliki ritme dan melodi yang sama dengan lagu tema aslinya.[17] Juga di musim 10, animasi acara membuat transisi dari animasi tradisional ke animasi Flash. Animasi untuk season sepuluh dikerjakan oleh Elliott Animation Studios di Kanada, sedangkan semua season sebelumnya dianimasikan oleh Yeson Animation Studios di Korea Selatan.[17]

Episode[sunting | sunting sumber]

Musim[sunting | sunting sumber]

Musim Episode/(segmen) Penayangan awal Penayangan akhir
Season 0 10 / (10) September 4, 1998 March 23, 2001
Season 1 7 / (13) March 30, 2001 December 12, 2001
Season 2 13 / (24) March 1, 2002 January 20, 2003
Season 3 20 / (31) November 8, 2002 November 21, 2003
Season 4 19 / (28) November 13, 2003 June 10, 2005
Season 5 21 / (34) May 7, 2004 March 21, 2008
Season 6 20 / (24) February 18, 2008 August 12, 2009
Season 7 20 / (39) July 6, 2009 August 5, 2012
Season 8 6 / (6) February 12, 2011 December 29, 2011
Season 9 26 / (43) March 23, 2013 March 28, 2015
Season 10 20 / (37) January 15, 2016 July 26, 2017

Episode spesial[sunting | sunting sumber]

Tahun Spesial
2001 Christmas Everyday!
2002 Scary Godparents
2003 Information Stupor Highway
2003 Love Struck!
2003 The Secret Origin of Denzel Crocker!
2004 The Big Superhero Wish!
2004 Crash Nebula
2004 Shelf Life
2007 The 77 Secrets of The Fairly Odd Parents Revealed!
2008 The Fairly Oddlympics
2008 Merry Wishmas
2009 Anti-Poof
2011 Love Triangle
2011 Invasion of the Dads
2011 When Losers Attack
2011 Meet the OddParents
2013 Fairly OddPet

Film televisi Fairly OddParents[sunting | sunting sumber]

Year TV Movie Notes
2003 Abra-Catastrophe! Three parts
2004 Channel Chasers Three parts
2005 School's Out! The Musical Two parts
2006 Fairy Idol Two parts
2008 Fairly OddBaby Two parts
2009 Wishology Three double-length parts
2011 A Fairly Odd Movie: Grow Up, Timmy Turner! One-hour movie
2011 Timmy's Secret Wish! Two parts
2012 A Fairly Odd Christmas 1½ hour movie

Trilogi Jimmy Timmy Power Hour[sunting | sunting sumber]

Year TV Movie
2004 Jimmy Timmy Power Hour
2006 Jimmy Timmy Power Hour 2: When Nerds Collide
2006 Jimmy Timmy Power Hour 3: The Jerkinators

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nick Licenses Odd Parents to Nelvana". 
  2. ^ a b Ryan C., Suzanne (August 19, 2003). "'OddParents' soaks up 'SpongeBob' spot". Chicago Tribune. 
  3. ^ a b c Cass, Dennis (April 30, 2004). "The Fairly OddParents is a cartoon that's smart enough for the 'rents". Slate Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-04. Diakses tanggal 2022-04-10. 
  4. ^ DeMott, Rick (February 23, 2005). "Fairly OddParents' Butch Hartman Signs Multi-Year Deal With Nick". Animation World Network. 
  5. ^ Archived at Ghostarchive and the Wayback Machine: "77 secrets of the fairly oddparents (revealed)" – via www.youtube.com. 
  6. ^ "The OddParents are coming the OddParents are coming". December 20, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-11-23. Diakses tanggal 2022-04-10. 
  7. ^ "Top Cable Shows Feb 18-24: NICK is King of Cable". TV by the Numbers. February 26, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2009. 
  8. ^ Arrant, Chris (June 20, 2011). "Nickelodeon Celebrates "The Fairly Oddparents"' 10th Anniversary with Live Action TV Movie, "A Fairy Odd Movie: Grow Up, Timmy Turner!"". Cartoon Brew. 
  9. ^ Lloyd, Robert (July 9, 2011). "TV review: 'A Fairly Odd Movie: Grow Up, Timmy Turner' on Nickelodeon". Los Angeles Times. 
  10. ^ "Nickelodeon's 'A Fairly Odd Movie: Grow Up, Timmy Turner!' Conjures Up 5.8 Million Viewers". TV by the Numbers. July 12, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 3, 2019. 
  11. ^ Ross, Robert (November 9, 2012). "Exclusive: Nickelodeon to Premiere A Fairly Odd Christmas". TV Guide. 
  12. ^ a b "A Fairly Odd Summer". Rotten Tomatoes. 
  13. ^ Lloyd, Robert (November 29, 2012). "Television review: A Fairly Odd Christmas offers cheer to show's fans". Los Angeles Times. 
  14. ^ "Cable Top 25: 'The Walking Dead' Tops Cable Viewership for the Week Ending March 24, 2013". TV by the Numbers. March 26, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 3, 2019. 
  15. ^ Busis, Hillary (April 25, 2013). "'Fairly Oddparents' returns to Nickelodeon May 4". Entertainment Weekly. 
  16. ^ "The 10th season of Butch Hartman's 'Fairly OddParents' is as crazy as ever". The Washington Post. January 13, 2016. 
  17. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Then Vs Now

Pranala luar[sunting | sunting sumber]